Cara Flash Android menggunakan SP FlashTool ( Rekomended )

Berikut ini adalah tutorial cara flash android menggunakan SP Flashtool. SP Flashtool merupakan tool factory dari mediatek yang digunakan untuk melakukan flashing firmware ke dalam handphone android yang berbasis CPU mediatek.

Jadi jelas ya bahwa tool ini hanya bisa digunakan untuk melakukan flashing firmware ke dalam android yang menggunakan chipset mediatek sebagai cpu nya.

Kalau begitu bagaimana cara mengetahui bahwa ponsel kita menggunakan chipset mediatek?.. Caranya cukup mudah kok sob, hanya dengan melihat file firmware atau stock rom dari tipe ponsel kita. Tentunya harus di download dulu ya firmware atau stock rom ponsel androidnya.
Firmware yang bisa di flash menggunakan SPFlashtool harus memiliki file scatter yang ber ekstensi .txt, contoh filenya adalah MT6582_Android_scatter.txt . Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

File scatter untuk di flash menggunakan SPFlashtool

Apabila file firmware dari ponsel android sobat sudah sesuai dengan kriteria diatas mari kita lanjutkan ke tutorial cara flash android menggunakan SP flashtool berikut ini.

Sebelum memulai tutorial silahkan download SP Flashtool beserta driver nya pada link berikut ini, saya sarankan gunakan versi yang terbaru :



Silahkan ekstrak dan Instal driver terlebih dahulu yang terdapat pada folder SP_Drivers_EXE_v1.6 dan Auto installer > Driver_Auto_Installer > SmartPhoneDriver > pilih x86 (win 32 bit) atau x64 (win 64bit > jalankan spinstall.exe.

Gambar langkah install usb driver vcom auto installer

Tunggu proses installasi hingga selesai, kemudian silahkan ikuti tutorial cara flash android menggunakan SP Flashtool berikut ini.

Cara Flash Android menggunakan SP FlashTool

  1. Silahkan ekstrak file SP Flashtool yang sudah di download tadi, kemudian buka flash_tool.exe yang tersimpan didalam folder SP_Flash_Tool berikut ini.
  2. SPFlashtool
  3. Seperti inilah penampakan SP Flashtool yang akan kita gunakan untuk melakukan flashing android berbasis chipset Mediatek.
  4. SPFlashtool v5.1352
  5. Kemudian silahkan klik 'Scatter-loading' untuk memasukkan file firmware yang akan di flash ke dalam handphone. Arahkan ke folder dimana anda menyimpan file firmware tersebut dan pilihlah file scatternya yang ber ekstensi .txt (MT65xx.... .txt).
  6. SPFlashtool v5.1352
  7. Kemudian pilihlah 'Firmware upgrade' dan klik tombol 'Download' untuk menjalankan proses update software (untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah).
    Sebenarnya ada 3 pilihan yaitu :
    • Format all + Download  : Melakukan format dan flash firmware ke dalam ic flash "!imei akan hilang.
    • Firmware Upgrade  : Melakukan upgrade software tanpa format.
    • Download  : Melakukan flash file firmware secara keseluruhan atau sebagian saja ke dalam ic flash, biasa digunakan flash firmware ke dalam ic flash baru atau yang sudah di format.
  8. SPFlashtool v5.1352
  9. Untuk memulai proses flashing silahkan matikan ponsel android sobat, kemudian hubungkan ponsel android ke komputer menggunakan kabel usb bersamaan dengan menekan tombol bootingnya (berupa tombol Volume Atas atau tombol Volume bawah, bisa juga perpaduan kedua tombol tersebut). Apabila berhasil maka proses flashing akan segera berjalan kemudian lepaskan tombol booting nya.
  10. SPFlashtool v5.1352 SPFlashtool v5.1352
  11. Tunggu proses flashing hingga selesai ditandai dengan munculnya pop up window baru dengan tanda centang di dalam lingkaran berwarna hijau seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
  12. SPFlashtool v5.1352

Selamat anda berhasil melakukan Flash Android Menggunakan SP Flashtool.

Demikian tutorial cara flash android menggunakan SPFlashtool, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Kunjungi :

4 Komentar untuk "Cara Flash Android menggunakan SP FlashTool ( Rekomended )"

  1. [HELP advan s5d matot]

    gan ane pengguna baru advan s5d...
    hp ane matot gan... di cas gak ngisi(gk ada icon charging)
    masuk cwm juga gak bisa.
    klo pake usb ke pc terdeteksi gan perangkatnya.
    ane coba flash ulang pake sp_flash_tool
    eh keluarnya begini: S_DA_SDMMC_WRITE_FAILED (3149)

    pertama flash kluar waran ungu kemudian merah setelah itu baru ada notif gagal "S_DA_SDMMC_WRITE_FAILED (3149)"

    ane coba balikin ke rom bawaan G800_advan_s5d_a6_v1.0_20130913

    kira2 penyebabnya apa ya?
    dan solusinya gimana gan?

    Tolong di bantu dong buat para senior advan s5d dan pengguna advan s5d barangkali ada yg pernah kaya gini...

    terimakasih sebelumnya... di tunggu gan solusinya.

    BalasHapus
  2. akhirnya idup lg Y2 saya gan makasih banaky

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel