Cara Write IMEI Android dengan SN Station

Berikut ini adalah cara untuk mengembalikan / mengganti IMEI ke dalam handphone android sobat yang berbasis CPU Mediatek. IMEI (Internasional Mobile Equipment Identity) adalah sebuah kode identitas unik yang terdapat pada handphone yang terdiri dari 15 digit angka. Kode tersebut merupakan gabungan dari kode negara asal pembuatan handphone hingga kode pabrikan pembuat ponsel dan kode serial handphone tersebut. Untuk mengetahui kode IMEI pada ponsel dapat dilakukan dengan menekan angka *#06#.

Apabila kita melakukan format dalam proses update Software maka kode IMEI yang terdapat pada handphone tersebut akan ikut terhapus, akibatnya handphone akan mengalami Invalid IMEI dan tidak dapat menerima sinyal GSM. Bagi sobat yang hobi gonta ganti stock ROM android pun terancam mengalami Invalid IMEI.

Langsung saja berikut ini adalalah salah satu cara mengembalikan / mengganti IMEI pada handphone dengan menggunakan SN Write tool v2.1352.00 :

Cara Write Imei Android CPU Mediatek 

  1. Silahkan Download Tools & Driver berikut ini :


  2. Silahkan ekstrak bahan-bahan yang sudah di download dan install driver secara manual, kemudian buka Folder SN_Write_tool_exe_v2.1352.00 dan lakukan penginstalan tools dengan klik SN_Station Installer package. Kemudian silahkan klik next hingga finish.
  3. Kemudian bukalah SN station yang sudah terinstal di desktop komputer sobat.
  4. Setelah terbuka, centanglah Meta modeyang terdapat pada tab Option,  Pilih USB VCOM pada pilihan com port, dan pilih Smartphone pada target select. Setelah itu klik >System config untuk melakukan pengaturan lebih lanjut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
  5. Centanglah hanya pada IMEI, IMEI Cheksum, dan Dual IMEI.
  6. Kemudian kliklah MD DB_1, dan arahkan pada folder dimana anda menyimpan file firmware handphone anda dan masuklah pada folder database atau cari file yang bernama BPLGUInfoCustom....., kemudian klik ok.
  7. Kemudian klik AP DB dan arahkan pada folder dimana anda menyimpan file firmware handphone anda dan masuklah pada folder database atau cari file yang bernama APDB_MT65...,kemudian klik ok, dan ok sekali lagi.
  8. Kemudian klik START..
  9. Kemudian masukkanlah IMEI yang tercetak pada label di belakang handphone pada tempat batere  berada, kode IMEI ini berisi 15 digit angka. Isikan IMEI satu dan IMEI dua pada kolom IMEI, kemudian klik OK.
  10. Setelah klik OK, segera hubungkan kabel USB dari komputer ke handphone dalam keadaan mati dan terpasang batere. Maka proses write IMEI akan segera berlangsung. (Apabila komputer meminta install driver maka installah dengan klik next hingga finish. Kemudian ulangi lagi langkah nomor 9 dan 10). Berikut ini adalah tampilan Sukses write IMEI dengan Indicator berwarna hijau.
  11. Selamat anda berhasil melakukan write IMEI handphone android dengan menggunakan SN Station v2.1352.00.

Selain menggunakan Cara write IMEI Android dengan SN Station bisa juga menggunakan Tool Maui Meta 3G yang menurut saya lebih simple dan mudah dibandingkan cara di atas.

Cara Write IMEI Handphone Android CPU Mediatek Menggunakan Maui Meta 3G

Demikian tutorial cara melakukan write IMEI android dengan menggunakan tool SN Station, semoga tutorial ini membawa manfaat dan keberkahan untuk kita semua. Salam sukses.

6 Komentar untuk "Cara Write IMEI Android dengan SN Station"

  1. Di Evercoss A5C kok fail terus ya gan?!

    BalasHapus
  2. Terimakasih bang,,,,tutor nya sangat membantu.....
    salam sukses

    BalasHapus
  3. matuur suun gan ! tutornya membantu bingit!
    tp ane blm berhasil gan sama huawei y329-u30 klo yg lainya berhasil gan!! mohon pencerahan nya gan!untuk huawei nya

    BalasHapus
  4. work 100% gan...
    thank's ilmunya :D

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel