Pengenalan Alat Service HP yang Perlu Kamu Ketahui

Dengan semakin meningkatnya konsumsi masyarakat akan kebutuhan gadget semakin besar pula permintaan untuk service handphone. Hal ini merupakan peluang bagi kita yang ingin menekuni usaha reparasi handphone. Untuk melakukan reparasi handphone tentu dibutuhkan alat-alat untuk mengerjakan nya.

Berikut ini adalah beberapa alat yang setidaknya harus diketahui oleh teknisi handphone terutama untuk kita yang baru mau menekuninya.

OBENG

Obeng service handphone
Obeng merupakan tool yang harus dimiliki oleh setiap teknisi handphone mengingat kegunaan nya yang sangat vital yaitu untuk membuka dan memasang baut pada casing handphone. Ada beberapa jenis mata obeng yang digunakan untuk membuka baut gadget, diantaranya adalah:
  1. Obeng Philips biasa disebut  obeng kembang atau obeng plus. Obeng + memiliki ukuran masing-masing yaitu  +1.0mm +1.5mm +2.0mm +2.5mm , dst. Namun yang digunakan untuk gadget adalah yang berukuran +1.0mm dan +1.5mm.
  2. Obeng Slot disebut juga sebagai obeng pipih / minus.
  3. Obeng Torx (bintang 6) disebut dengan obeng T6.
  4. Obeng Pentalobe (bintang 5) disebut dengan obeng T5.
  5. Obeng Y-type biasa disebut dengan obeng Tri point.

PEMBUKA CASING

Alat pembuka casing handphone
Pembuka casing digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan pembukaan (disassembly) casing handphone.

Pembuka casing memiliki aneka bentuk sesuai dengan kegunaan nya. Ada yang berbentuk segitiga biasanya memang dikhususkan untuk membuka casing. Selain itu ada pula yang digunakan untuk membuka socket atau slot pada pcba, baik slot LCD, kamera, touchscreen, maupun slot FPC lain nya.

SOLDER STATION

Solder station untuk service handphone
Solder station merupakan alat yang sangat penting untuk setiap teknisi gadget dikarenakan fungsinya yaitu untuk melepas dan memasang sparepart/komponen handphone yang dipatri menggunakan timah. Solder station memiliki pengaturan suhu yang dapat diubah-ubah sehingga kita dapat menyesuaikan panas pada solder sesuai dengan kebutuhan. Temperatur solder biasa disetting pada 300 s/d 350 celcius.
Selain suhu yang dapat kita sesuaikan solder station juga memiliki mata solder yang dapat dilepas dan diganti dengan jenis mata solder yang kita inginkan, mata solder mempunyai jenis yang berbeda, ada yang lancip, bengkok, pipih, dan datar. Penggunaan mata solder disesuaikan dengan kebutuhan reparasi handphone. Kebanyakan teknisi menggunakan yang bermata pipih karena memiliki permukaan yang luas sehingga memudahkan untuk pemasangan FPC lcd maupun camera.


HOT AIR / BLOWER / SOLDER UAP

Blower hot air service handphone
Hot air / Blower digunakan untuk melepas atau memasang setiap komponen dan part handphone yang tidak bisa dipasang dengan menggunakan solder. Biasanya digunakan untuk memasang/melepas komponen berjenis SMD dan connector pada permukaan PCBA. 

Blower memiliki suhu dan angin  yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk suhu blower biasa diatur pada range 250-300 celcius sedangkan angin setengah putaran atau disesuaikan dengan kebutuhan. Mata blower juga memiliki diameter yang beragam, ada yang kecil dan besar. Penggunaan nya disesuaikan dengan permukaan komponen yang akan kita rework.

(Baca Juga : Pengenalan Spare part HP)

DC POWER SUPPLY

DC Power supply
DC Power Supply berfungsi sebagai sumber tegangan searah yang digunakan untuk mensuplai tegangan dc ke perangkat elektronik. DC Power Supply yang biasa digunakan untuk reparasi handphone biasanya memiliki tegangan maksimal 15 volt dan 30 volt dengan maksimal arus bervariasi ada yang 1 Ampere, 2 Ampere, hingga 5 Ampere. Disarankan untuk menggunakan yang berdaya 2 Ampere ke atas dikarenakan smartphone dan tablet membutuhkan suplay arus yang cukup besar melebihi 1 ampere.
Selain sebagai sumber tegangan, alat ini juga digunakan untuk mendeteksi kerusakan mati total pada gadget. Dengan membaca konsumsi arus yang dikeluarkan oleh power suply kita dapat mengetahui penyebab kerusakan pada gadget tersebut. Biasanya untuk mengetahui kerusakan hardware atau software sehingga selanjutnya dapat diambil tindakan yang tepat. Perlu diketahui batas maksimal tegangan yang dapat digunakan pada handphone adalah 4.5 volt , tegangan diatas 5volt akan merusak handphone, disarankan setel tegangan antara 3.8 volt s/d 4.2 volt. 

(Baca Juga : Cara Analisa Kerusakan Handphone Menggunakan Power Supply)

MULTITESTER / AVO METER

Multitester digital
Multitester / AVO Meter merupakan alat yang digunakan untuk membaca besaran nilai tegangan (AC/DC), Arus, dan Hambatan pada sebuah rangkaian elektronika.

Selain itu multitester juga digunakan untuk mengetahui kondisi komponen elektronika apakah masih normal atau sudah rusak. Dalam reparasi handphone selain digunakan untuk membaca tegangan input dan output juga sering digunakan untuk mencari jalur yang putus ataupun short.

TIMAH GULUNG DAN TIMAH PASTA

Timah gulung
Timah digunakan untuk mematri setiap komponen dan sparepart handphone pada PCBA. Ada dua jenis timah yang biasa digunakan dalam reparasi ponsel yaitu timah gulung dan timah pasta. Timah gulung berbentuk padat berupa gulungan timah dengan diameter tertentu, sedangkan timah pasta berbentuk pasta cair.

Pada dasarnya penggunaan timah gulung dan timah pasta adalah sama, namun penggunaan timah pasta lebih dikhususkan untuk melakukan pencetakan kaki-kaki pada IC jenis BGA.

PINSET / TWEEZERS

Pinset tweezers
Pinset digunakan untuk mengangkat atau memindahkan komponen pada handphone yang tidak bisa dijangkau menggunakan tangan, selain itu juga digunakan untuk menghandle/mencapit komponen pada saat rework menggunakan solder ataupun blower.

Berdasarkan ujung nya pinset ada beberapa jenis, ada yang berujung lancip, pipih, dan juga ada yang bengkok. Penggunaan nya disesuaikan dengan kebutuhan pada saat reparasi handphone.

FLUX PASTA

Flux pasta
Flux memiliki fungsi untuk menghilangkan lapisan oksidasi pada permukaan benda yang disolder dan menurunkan ketegangan permukaan timah solder cair.

Dengan tidak adanya lapisan oksidasi yang menghalangi timah solder membasahi permukaan benda yang disolder maka timah dapat dengan mudah mengalir membasahi permukaan benda yang disolder sehingga menghasilkan solderan yang rata dan tidak mudah tertarik mata solder.

CAIRAN IPA / ISOPROPYL ALKOHOL

cairan IPA Isopropyl Alcohol pembersih pcba
Cairan IPA / Alkohol berfungsi untuk membersihkan PCBA dari sisa-sisa flux setelah proses rework IC maupun pemasangan sparepart handphone.

Selain itu biasa digunakan untuk membersihkan PCBA dari efek korosif setelah gadget terkena air sehingga PCBA dan komponen terhindar dari jamur dan karat. Penggunaan nya menggunakan sikat yang halus, bisa juga menggunakan sikat gigi.

ISOLASI ANTI PANAS

Isolasi anti panas service handphone
Isolasi anti panas digunakan untuk melindungi komponen atau spare part pada pcba agar terhindar dari panas yang dikeluarkan oleh blower / hot air, sehingga komponen tidak meleleh atau menjadi rusak karena panas yang tidak mampu ditahan oleh komponen atau part tersebut. Biasanya digunakan untuk melindungi part yang terbuat dari bahan plastik seperti connector dan socket pada pcba. Selain itu juga untuk melindungi IC yang di lem agar tidak meletek/retak lemnya agar timah dalam ic tersebut tidak keluar saat proses rework.

KAWAT JUMPER

Kawat jumper
Kawat Jumper digunakan untuk menjumper atau menghubungkan antara dua titik pada papan PCBA. Hal ini dilakukan karena terjadinya putus jalur pada titik tersebut, sehingga untuk menghubungkan nya kembali digunakanlah kawat jumper.

Kawat jumper merupakan kawat tembaga dengan lapisan email. Lapisan email ini berfungsi sebagai isolator agar tidak terjadi hubung singkat saat menyentuh komponen pada pcba.

PCBA HOLDER / PENJEPIT PCBA

PCBA Holder
PCBA Holder digunakan untuk menahan/menjepit papan PCBA agar tidak bergeser pada saat proses rework.

PCBA holder digunakan saat melakukan proses rework penggantian IC atau komponen yang menggunakan blower untuk melepas atau memasangnya. Dengan menggunakan pcba holder dapat meminimalisir efek panas yang keluar dari blower agar tidak mengenai meja.


KARPET ANTI STATIS / ESD MAT

Karpet antistatis ESD mat
ESD MAT merupakan karpet anti statis yang dapat mencegah terjadinya aliran listrik statis pada permukaan karpetnya. Karpet ini banyak digunakan di dunia industri elektronika karena peranan nya yang sangat penting untuk melindungi setiap perangkat elektronika dari kerusakan yang diakibatkan oleh listrik statis. 

Pada prakteknya dalam dunia reparasi handphone karpet ini banyak digunakan untuk melindungi PCBA dan komponen/part handphone dari gangguan listrik statis, selain itu juga bermanfaat untuk melindungi meja dari efek panas blower pada saat rework agar meja tidak terbakar.

LAMPU MEJA LOOP

Lampu meja dengan kaca pembesar
Lampu meja loop digunakan sebagai sumber penerangan saat melakukan reparasi handphone

Selain itu lampu loop juga dilengkapi dengan kaca pembesar yang dapat digunakan untuk melihat komponen-komponen kecil yang sulit terlihat oleh mata telanjang.

Dengan menggunakan lampu ini bisa melihat komponen-komponen kecil pada pcba dengan intensitas cahaya yang cukup.

PLAT BGA

Plat BGA cetak kaki ic handphone
Plat BGA digunakan untuk melakukan Reball / mencetak kaki-kaki IC berjenis BGA. Biasanya hal ini dilakukan untuk mengganti timah pada kaki ic karena sudah tidak menghantarkan arus dengan baik dan menyebabkan terganggunya kinerja IC tersebut. IC yang sering di reball/cetak kaki IC nya biasanya ialah IC flash/emmc, IC CPU, dan IC PMU. Terkadang IC baru juga perlu dilakukan reball dikarenakan timah dari pabrikan terlalu keras sehingga lebih sulit dan tidak terpasang secara sempurna. Setelah timah dari pabrikan diganti maka IC akan lebih mudah dipasang. Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah mahir dalam pengerjaan rework.

Demikianlah beberapa tools yang setidaknya harus diketahui oleh seorang teknisi handphone, walaupun tidak semuanya harus dimiliki. Cukup dengan bermodalkan obeng, solder dan timah sudah cukup untuk melakukan reparasi handphone sampai lv3, atau hanya untuk penggantian LCD, Touchscreen dan kamera. Sedangkan untuk penggantian connector usb, connector sim dan komponen jenis SMD sudah tentu harus menggunakan blower.

Apabila postingan saya ini dirasa bermanfaat silahkan dibantu untuk share agar bermanfaat juga bagi teman-teman yang lain nya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengenalan Alat Service HP yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel