Cara Flash Android Menggunakan QGDP Assembly Download Tool

Berikut ini saya akan membagikan tutorial cara flash android menggunakan QGDP Assembly Download Tool. Tool ini digunakan untuk melakukan flashing firmware yang ber ekstensi .CPB  ke dalam handphone android.

Untuk handphone brand lokal yang terbaru saat ini banyak yang menggunakan firmware berjenis CPB. Baik itu yang berchipset Mediatek, Spreadtrum, maupun Qualcom.

Cara untuk mengetahui jenis firmware handphone android yang kita miliki tentunya harus dengan mendownload file firmware handphone android tersebut. Setelah di download silahkan ekstrak file firmware tersebut dan lihat apakah mirip dengan jenis firmware berikut ini.
EVERCOSS_U6_7.0.015.P1.180322.FS098L558A.WW6_FS098L558A_OE.CPB
Perhatikan bahwa pada akhiran nama file firmware tersebut menggunakan ekstensi dot .CPB . Apabila file firmware android anda memiliki ekstensi .cpb maka mari kita lanjutkan ke tutorial cara flashing handphone android menggunakan qgdp download tools berikut ini.

Download Tool QGDP Assembly Offline Beserta Drivernya

Sebelum memulai tutorial silahkan download Tool dan driver berikut ini :
Tools
Driver Mediatek
Driver Spreadtrum

Cara Flash Android Menggunakan QGDP Download Tool

  1. Setelah semua bahan tersebut di download, kemudian silahkan ekstrak dan Install Tool QGDP beserta driver tersebut. Berikut ini adalah urutan screenshot proses instalasi tool QGDP.

  2. Kemudian open tool QGDP_AssemblySinglePort dan masukkan password " ase ", klik kotak disamping tulisan chinese (angka 2 pd gambar di bawah) untuk mengubah tulisan ke bahasa inggris, kemudian klik login (angka 3).

  3. Klik config lalu select cpb file dan arahkan ke folder file firmware yang akan di flash ke dalam handphone. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

  4. Kemudian silahkan klik Apply maka tool akan melakukan proses verifikasi file cpb tersebut, proses ini memakan waktu yang relatif agak lama tergantung dari besarnya file firmware dan spesifikasi komputer yang kita miliki. Pada komputer yang admin miliki dengan ram 4Gb memakan waktu sekitar 2-3 menit.

  5. Kemudian klik Start untuk memulai proses flashing, silahkan cabut dan pasang kembali battery pada handphone lalu tekan dan tahan tombol booting (bisa volume bawah, volume atas, atau kombinasi keduanya) lalu hubungkan kabel usb dari komputer ke handphone. Apabila driver sudah di instal dengan benar maka proses flashing akan segera berjalan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Lepaskan tombol booting setelah proses flashing berjalan. Klik message logger untuk melihat proses flashing yang sedang berjalan.

  6. Tunggu proses flashing hingga selesai (100%) seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini, lalu klik Stop.

  7. Kemudian silahkan cabut kabel USB dan battery dari handphone, lalu pasang battery dan hidupkan handphone.

Selamat anda berhasil melakukan flash handphone android menggunakan Tool QGDP Assembly Download Tool. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih~

Kunjungi :

Belum ada Komentar untuk "Cara Flash Android Menggunakan QGDP Assembly Download Tool"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel