Cara Unlock Bootloader Xiaomi garansi TAM

Unlock bootloader diperlukan untuk mendapatkan akses pada smartphone xiaomi agar bisa melakukan perubahan dan modifikasi pada ponsel. Biasanya digunakan untuk melakukan install TWRP dengan berbagai tujuan, yaitu untuk memasang custom Rom, instal Xposed, hingga melakukan Rooting. Proses rooting dan install TWRP tidak akan berhasil sebelum xiaomi tersebut di unlock bootloader terlebih dahulu.

Kekurangan Unlock Bootloader


Disclaimer unlock bootloader smartphone xiaomi
Untuk user normal yang tidak menginginkan perubahan dan modifikasi pada ponsel xiaominya tidak disarankan melakukan unlock bootloader karena bisa mengakibatkan :
  • Ada kemungkinan terjadi perubahan pada system yang bisa merusak smartphone.
  • Keamanan pada ponsel menjadi rentan akan serangan malware.
  • Data dan informasi pengguna mudah dicuri.
  • Fitur keamanan seperti find device dan sidik jari tidak dapat diandalkan karena mudah diflash bila dicuri.
  • Kemungkinan tidak akan menerima update terbaru dari xiaomi.
Setidaknya itulah beberapa peringatan dari xiaomi sebelum melakukan unlock bootloader.

Keuntungan Unlock Bootloader

Kemudian apa keuntungan melakukan unlock bootloader pada xiaomi? Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan setelah melakukan unlock bootloader pada xiaomi.
  • Root Xiaomi
  • Install TWRP
  • Pasang Custom ROM
  • Pasang Xposed installer
  • Tweaking dan oprek android
  • Lebih mudah melakukan flashing

Apakah Garansi Hangus Bila Melakukan UBL?

Mungkin ada yang bertanya bagaimana dengan garansi resmi TAM apabila melakukan unlock bootloader pada smartphone xiaomi? Nah, untuk hal ini anda tidak perlu khawatir karena selama unlock mendapat persetujuan resmi dari xiaomi maka garansi tidak akan gugur. Hal ini admin ketahui dari forum xiaomi, disitu dituliskan ada user yang bertanya langsung ke service center tam. Untuk lebih jelasnya silahkan menuju ke forum tersebut.

Persyaratan dan Bahan untuk Unlock Bootloader

Bagaimana? masih ingin melakukan unlock bootloader pada smartphone kesayangan anda? Bila iya silahkan lengkapi beberapa persyaratan berikut ini:
  • Punya akun xiaomi yang sudah berumur lebih dari 7 hari.
  • Request unlock bootloader di http://en.miui.com/unlock/ isikan nama, nomor telepon, dan alasan kenapa ingin melakukan UBL (isi menggunakan bahasa inggris) contohnya "my phone has hardbrick and need to software in fastboot mode". Kemudian klik Apply Now maka anda akan menerima sms verifikasi, masukkan kode verifikasi tersebut kemudian klik next. Selanjutnya permintaan anda akan di review terlebih dulu.
  • Sudah menerima SMS persetujuan unlock bootloader, biasanya berkisar antara 2 sampai 10 hari setelah mengajukan request unlock.
  • Unduh Mi unlock tool di http://en.miui.com/unlock/download_en.html


Langkah-langkah Unlock Bootloader Xiaomi

Setelah melengkapi semua persyaratan di atas berarti xiaomi anda sudah siap untuk di unlock bootloader. Harap diperhatikan langkah-langkah berikut dengan seksama agar proses unlock bisa berhasil tanpa kegagalan.

Admin sendiri berhasil menggunakan cara ini untuk unlock bootloader Xiomi Redmi 4X garani TAM dengan Rom asli (Rom Global stable), tidak perlu diubah ke rom china. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan unlock bootloader xiaomi :
  • Login dulu dengan Mi account yang sudah di setujui untuk melakukan unlock bootloader pada smartphone xiaomi anda.
  • Ekstrak miflash_unlock-en-2.3.803.10 yang sebelumnya sudah di download.
  • Jalankan miflash_unlock.exe dan klik Agree untuk memulai proses unlock bootloader.
  • Login menggunakan Mi account yang sama dengan akun pada smartphone xiaomi yang akan di unlock bootloader, maka tool akan melakukan pengecekan apakah akun tersebut sudah disetujui untuk melakukan UBL atau belum.
  • Aktifkan USB debugging dan OEM Unlocking pada menu Developer options di smartphone xiaomi anda. Cara masuk menu Developer option dengan menekan MIUI version sebanyak 7x pada menu Setting > About phone maka menu developer option akan muncul di additional settings.
  • Masih pada menu Developer options, pilih Mi unlock status kemudian klik Add account and device, bila mengalami error silahkan sign out dulu account xiaomi anda pada Mi Account kemudian ulangi langkah tersebut.
  • Kunjungi https://i.mi.com/ pada browser anda kemudian sign in menggunakan Mi account yang sama pada smartphone anda, kemudian pilih Find device dan pastikan lokasi smartphone anda terdeteksi pada map.
  • Matikan smartphone xiaomi, kemudian tahan tombol volume bawah + power untuk masuk ke Fastboot mode.
  • Hubungkan smartphone xiaomi ke komputer menggunakan kabel usb, tunggu hingga phone connected pada tool mi unlock.
  • Klik unlock, kemudian klick unlock anyway. Proses unlock segera berjalan, tunggu hingga proses selesai. Kemudian klik reboot phone untuk menghidupkan smartphone anda.
Unlock bootloader xiaomi successfull

Demikianlah langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan Unlock bootloader pada smartphone xiaomi.

Kegagalan yang Sering Terjadi

Admin sendiri tidak langsung berhasil ketika melakukan unlock bootloader, setelah melakukan cara di atas baru bisa berhasil. Berikut ini kegagalan yang pernah admin alami :
  • Current Account Cannot Unlock this Device : Kemungkinan yang terjadi adalah account anda masih terlalu muda, atau sebelumnya di smartphone anda sudah pernah menggunakan account xiaomi yang lain. Cara mengetahui bahwa masih ada account yang terkait pada device anda yaitu dengan cara masuk ke Mi Account > Account security > Phone. Bila ada nomor telepon selain nomor yang anda daftarkan kemungkinan nomor tersebut berasal dari account pemilik yang sebelumnya. Satu-satunya cara mengatasi ini adalah dengan membiarkan account anda tetap aktif dan jangan menggantinya dengan account yang lain.
  • Current Account is Not Bound to This Device : Account xiaomi pada device anda tidak terbaca pada database xiaomi, cara mengatasi hal ini adalah dengan cara sign out Mi Account pada device anda, kemudian masukkan account melalui menu Setting > Developer Options > Mi Unlock status >  Add account and device. Bila berhasil anda akan diminta menunggu 72 jam berikutnya untuk bisa melakukan unlock kembali.
Apabila belum berhasil janganlah berputus asa, yang dibutuhkan adalah kesabaran karena setelah melakukan request unlock bootloader dan menerima sms persetujuan UBL pihak xiaomi butuh waktu untuk melakukan update database pada server mereka untuk menghubungkan account xiaomi dengan device anda.

Admin sendiri membutuhkan waktu hampir satu bulan, apabila gagal jangan terus-terusan klik unlock, tetapi cobalah beberapa hari kemudian. Semoga dari pihak xiaomi dapat segera memperbaiki bug yang terjadi pada database mereka sehingga pengguna xiaomi yang ingin melakukan unlock bootloader tidak perlu menunggu waktu lama seperti yang admin alami.

Demikianlah tips yang dapat admin bagikan.
Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Unlock Bootloader Xiaomi garansi TAM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel