Beginilah Cara Memperbaiki Oppo R1001 Bootloop Paling Mudah

Terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan kenapa smartphone pada akhirnya banyak sekali yang terpaksa harus di flash. Berbagai alasan yang sering dijumpai yaitu bisa karena bootloop, terinfeksi virus atau alasan yang lain.

Bootloop yaitu merupakan suatu kondisi yang terjadi kegagalan atau kerusakan pada software. Suatu keadaan dimana perangkat tidak bisa melakukan booting,  dengan demikian tidak bisa masuk ke dalam sistem itu sendiri.

Ciri-cirinya diantaranya yaitu pada saat perangkat di nyalakan hanya bisa menampilkan logo vendor (atau terkadang logo Android). Dan itu terjadi secara berulang-ulang, dan bahkan justru malah hang pada logo.




Seperti pada kebanyakan ponsel bercipset Mediatek, Oppo R1001 yang menggunakan MTK 6572 juga sering mentok tidak mendapatkan update versi Android nya. Paling tidak, pembuatnya juga masih memberikan beberapa update Fix bug untuk melakukan pembaruan sistem operasi ColorOS.

Mungkin sebab faktor inilah, Oppo Joy kerap dijumpai mengalami mentok di logo ketika dinyalakan atau biasa disebut dengan bootloop. Penyebabnya memang dinilai bervariasi. Smartphone oppo R1001 Bootloop dapat disebabkan oleh penyimpanan internal yang mungkin terlalu penuh dan mengakibatkan system tidak memiliki ruang lagi untuk berjalan. Sehingga, pada akhirnya smartphone pun reboot/restart sendiri terus menerus.

Cara Memperbaiki oppo R1001 Bootloop 

Untuk memperbaiki oppo R1001 Bootloop sebenarnya tersedia dua jalan yang biasa di pakai. Diantranya yaitu dengan menggunakan PC apabila telah parah dan melaui recovery mode apabila bootloop ringan. Dengan menggunakan recovery mode, Oppo bisa diperbaiki dengan mudah. Untuk yang pertama anda sebaiknya perlu dicoba untuk melakukan hard reset atau factory reset. Yaitu dengan cara mematikan ponsel terlebih dahulu.

Setelah itu anda bisa nyalakan lagi Oppo Joy nda dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan dalam waktu beberapa saat. Tunggulah sampai beberapa muncul menu pilihan bahasa. Pilih English serta pilih menu Wipe dan pilih lagi menu Wipe Data. Konfirmasi OK saja, setelah itu tunggu hingga beberapa saat. Jika sudah selesai, anda bisa memilih Reboot System.

Apabila cara tersebut tidak berhasil maka oppo joy tersebut harus di flash menggunakan SP Flashtool, untuk bahan-bahan nya silahkan di download pada link berikut ini :



Cara Flashing Firmware Oppo R1001 Bootloop

  1. Silahkan matikan oppo joy anda atau dengan cara mencabut battere nya kemudian pasang kembali.

  2. Instal driver yang sudah di download.

  3. Selanjutnya silahkan buka spflashtool.exe pada folder SP Flashtool yang tadi sudah di download.

  4. Anda bisa klik tombol Scatter dan setelah itu buka folder Firmware cari file scatter (.txt), pilih dan klik OK.

  5. Langkah yang selanjutya, anda bisa tekan tombol Download, kemudian hubungkan oppo R1001 ke komputer menggunakan kabel USB bersamaan dengan menekan tombol volume atas. Apabila dijumpai ada error, silahkan ganti dari Download Mode ke Firmware Upgrade.

  6. Apabila langkah-langkah nya sudah benar maka proses flashing akan segera berjalan. Tunggu sampai penanda proses berubah hijau dan muncul lingkaran hijau (100%) yang mana merupakan tanda flashing pada ponsel anda telah sukses.

  7. Cabut ponsel dari kabel data lalu lepas baterai handphone anda.

  8. Silahkan hidupkan Oppo Joy anda, proses pertama kali dinyalakan memakan waktu lebih lama dari biasanya jadi harap ditunggu dengan sabar.

Demikianlah proses flashing Oppo dan memperbaiki Oppo R1001 yang Bootloop. Semoga sampai tahap ini sudah bisa memperbaiki oppo R1001 dari kerusakan tersebut. Namun apabila setelah melakukan langkah-langkah di atas masih belum menghasilkan perbaikan atau beberapa hari kemudian oppo joy anda bermasalah kembali, maka hal itu bisa terjadi karena kerusakan dari partisi pada hardware handphone tersebut. Jika sudah demikian anda harus membawanya ke service center atau ahli reparasi handphone untuk dilakukan pergantian IC eMMC nya.

Belum ada Komentar untuk "Beginilah Cara Memperbaiki Oppo R1001 Bootloop Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel