Cara Mudah Hard Reset Xiaomi untuk Mengatasi bootloop

Pada era digitalisasi seperti saat ini siapa sih yang tidak mengenal smartphone dengan brand xiaomi. Banyak diantara kita yang menggunakan nya bahkan mungkin salah satunya adalah anda yang sedang membaca artikel saya saat ini. Iya kamu... ^^

Setiap orang pasti ingin memiliki smartphone dengan kualitas apik, memiliki spesifikasi yang mumpuni dan didukung dengan fitur-fitur terbaru di dalamnya, terlihat mewah, namun terjangkau harganya. Bukan rahasia lagi bila semua itu bisa didapatkan dari brand Xiaomi.

Cara hard reset dan factory reset xiaomi

Rahasia Dibalik Harga Murah Xiaomi
Dengan harga yang terjangkau xiaomi menawarkan smartphone sekelas dengan brand-brand pesaing nya yang memiliki harga lebih mahal darinya. Hal ini bukan berarti smartphone xiaomi menggunakan material atau komponen yang murahan, namun hal ini dikarenakan perusahaan xiaomi menerapkan sistem berbeda dari perusahaan lainnya.

Perusahaan xiaomi hanya mengambil keuntungan sebesar 1,1x dari biaya produksi, yang mana perusahaan lain mengambil keuntungan hingga 2,5x biaya produksi. Selain itu xiaomi hanya memfokuskan pengeluaran pada pengembangan dan penelitian material produk. Pada lima tahun pertama xiaomi tidak pernah mengeluarkan budget untuk pemasaran dan penjualan.

Selain itu produksi xiaomi dalam sekala besar juga mempengaruhi harga jual xiaomi hingga 50 persen dibandingkan perusahaan lain. Ditambah lagi pengeluaran xiaomi untuk promosi dan marketing juga sangat efisien sekali karena xiaomi fokus melakukan penjualan melalui internet marketing sehingga dapat menekan biaya diluar produksi dengan sangat efisien dan efektif.

Itulah rahasia kenapa xiaomi bisa menjual produk dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas terbaik. Jadi tidak heran bila brand xiaomi menjadi terkenal dan memiliki nama besar seperti saat ini.

Permasalahan yang sering terjadi pada hp
Sebaik apapun kualitas dari smartphone, suatu saat pasti akan mengalami masalah pada hp tersebut, hal ini bisa jadi dikarenakan semakin menumpuknya data penyimpanan pada smartphone tersebut seperti banyaknya aplikasi dan game hingga foto-foto dan video.

Bahkan terkadang menjalankan beragam aplikasi secara multitasking (tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya digunakan) sehingga smartphone yang sebelumnya lancar menjadi terasa lemot dan tersendat.

Permasalahan yang sering terjadi pada hp :
  • Xiaomi lemot dan kurang responsif
  • Xiaomi terinfeksi virus
  • Lupa pola atau password xiaomi
  • Aplikasi xiaomi tertutup sendiri/force close
  • Xiaomi hang atau macet
  • Xiaomi bootloop atau softbrick

Permasalahan diatas diakibatkan karena kerusakan software sehingga untuk me- ngatasinya diperlukan proses reset hingga flashing ulang. Sebelum melakukan flashing ada baiknya lakukan Hard reset pada ponsel xiaomi kesayangan anda. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak tutorial berikut ini.


Cara Hard Reset Xiaomi

Hard reset merupakan fitur yang terdapat pada smartphone android termasuk xiaomi salah satunya. Fitur ini terdapat pada mode recovery yang dapat digunakan untuk mengembali kan smartphone ke factory setting atau pengaturan awal. Dengan melakukan hard reset maka smartphone akan terasa seperti baru kembali seperti saat pertama kali dibeli.

Proses hard reset akan menghapus semua data-data yang ada pada smartphone termasuk di dalamnya aplikasi, sms, foto, musik, video hingga file dokumen yang tersimpan di dalam internal memory. Sebelum melakukan hard reset pindahkanlah data-data yang sekiranya masih diperlukan ke dalam penyimpanan eksternal seperti sd card, flash disk atau mencadangkan nya di dalam komputer.

Langkah-langkah hard reset xiaomi :
  1. Pastikan daya pada baterai mencukupi, setidaknya masih tersedia 50% guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti terhentinya proses reset di tengah jalan.
  2. Matikan handphone xiaomi sampai benar-benar mati, kemudian silahkan tekan tombol power + volume up secara bersamaan selama beberapa saat hingga muncul logo MI pada layar. Secara otomatis anda akan dihadapkan pada menu Recovery mode Xiaomi.
  3. Silahkan pilih bahasa inggris, kecuali anda bisa menggunakan bahasa lain maka pilihlah bahasa tersebut :D.
  4. Kemudian untuk melakukan hard reset pilihlah Wipe Data/Factory Reset dilanjutkan dengan memilih Wipe all Data, bila muncul pesan konfirmasi silahkan pilih yes. Gunakan tombol volume up/down untuk berpindah/gulir lalu tekan tombol power untuk memilih.
  5. Proses Hard reset/wipe data sedang berlangsung, silahkan tunggu hingga 100% dan berhasil. Setelah itu silahkan anda reboot atau restart hp xiaomi anda.
  6. Setelah xiaomi hidup kembali silahkan ikuti langkah-langkah pengaturan awal pada smartphone xiaomi anda.
  7. Selesai

Melalui langkah-langkah hard reset diatas diharapkan dapat mengatasi segala macam permasalahan software seperti lupa pola, lemot, hang, hingga bootloop. Proses hard reset pada xiaomi menghapus segala macam data yang ada di dalamnya layaknya proses format pada sebuah memory card atau hard disk kemudian melakukan installasi os kembali.

Cara Factory Reset Xiaomi

Selain melalui metode hard reset, untuk mengembalikan xiaomi ke pengaturan pabrik / factory setting bisa juga melalui menu factory reset yang terdapat di dalam menu pengaturan/setting. Untuk melakukan factory reset memang lebih mudah dibandingkan dengan cara hard reset, tentunya kalau bisa masuk pada menu pengaturan pada hp.

Langkah-langkah factory reset xiaomi :
  1. Masuklah pada menu "setelan" handphone xiaomi anda.
  2. Kemudian pilih "setelan tambahan".
  3. Lalu pilih "Cadangkan & Setel Ulang"
  4. Pilihlah "Kembalikan ke setelan pabrik"
  5. Kemudian pilih "Setel ulang telepon" yang terletak di tengah bagian bawah.
  6. Apabila sudah yakin silahkan pilih "Hapus" untuk menghapus semua data-data yang terdapat di dalam memori internal hp dan mengembalikan xiaomi ke pengaturan pabrik.
  7. Tunggu proses factory reset hingga selesai. Bila berhasil smartphone xiaomi anda akan restart dan melakukan reboot.
  8. Tampilan di dalam xiaomi anda akan kembali seperti baru. Lakukanlah pengaturan pada xiaomi sesuai keinginan anda.
  9. Selesai.

Metode hard reset dan factory reset tersebut bisa digunakan pada semua perangkat smartphone xiaomi, apabila terdapat sedikit perbedaan pada menu xiaomi maka anda tinggal menyesuaikan nya sesuai dengan langkah-langkah diatas.

Demikianlah langkah-langkah cara mudah hard reset xiaomi dan factory reset xiaomi yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang sedang membutuhkan cara tersebut.
Baca juga :
Cara Unlock Bootloader Xiaomi
Cara Memasang TWRP Xiaomi Redmi 4/4A/4X/4Prime
Cara Flash Xiaomi Redmi 3S
Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi
Silahkan bantu like dan share artikel ini bila memang dirasa bermanfaat, atau sekedar meninggalkan jejak pada kolom komentar guna perkembangan blog ini. Sekian dan terimakasih ^^

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Hard Reset Xiaomi untuk Mengatasi bootloop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel