Cara Mudah Masuk dan Keluar Mode Fastboot Xiaomi

Fastboot mode merupakan sebuah istilah yang tidak asing lagi dikalangan pengguna smartphone android, terutama bagi mereka yang suka melakukan oprek dan modifikasi pada gadget android miliknya.

Mode ini terdapat pada android agar para pengembang bisa melakukan perubahan dan modifikasi pada android melalui custom ROM ataupun melakukan update ke Stock Rom yang hanya bisa dilakukan melalui fastboot mode ketika terjadi softbrick / bootloop pada handphone.

Untuk lebih memahami mengenai apa itu fastboot beserta kegunaan nya pada handphone xiaomi silahkan simak ulasan berikut ini.

cara masuk dan keluar fastboot mode xiaomi

Apa itu fastboot mode ?

Fastboot Mode merupakan sebuah mode pada android yang memungkinkan pengguna nya untuk memasukkan beberapa perintah pada android melalui tool fastboot&ADB, sehingga pengguna bisa melakukan flashing recovery, pergantian rom, maupun update dan downgrade stock rom pada smartphone termasuk xiaomi.

Fastboot merupakan tools yang dirilis dalam sebuah paket Android SDK (Software Development Kit) untuk melakukan perintah-perintah update installasi dan recovery android. Melalui fastboot mode, pengguna bisa melakukan perubahan file image Rom hanya dengan menggunakan koneksi USB yang terhubung melalui komputer.

Bagi pengguna xiaomi yang ingin melakukan pemasangan custom recovery TWRP (Team Win Recovery Project) bisa melakukan nya melalui fastboot mode, kemudian memasukkan perintah-perintah khusus melalui tool fastboot&ADB.

Namun tentunya untuk bisa melakukan hal tersebut pengguna harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu pada smartphone xiaominya.

Kunjungi : Cara sukses melakukan unlock bootloader xiaomi



Cara mudah masuk fastboot xiaomi

Untuk masuk kedalam mode fastboot sangatlah mudah, silahkan ikuti tutorial berikut ini untuk masuk ke fastboot mode.

  • Pertama, silahkan matikan handphone xiaomi dengan menekan tombol power beberapa saat, kemudian pilih Daya mati.

  • kedua, setelah handphone benar-benar mati silahkan tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah sampai handphone bergetar.

  • Akan langsung muncul gambar Android sedang utak atik robot dengan tulisan fastboot dibawahnya, menandakan sudah berhasil masuk ke mode fastboot.

Selain melalui kombinasi Tombol Power + Volume bawah, untuk bisa masuk ke fastboot mode juga bisa menggunakan kombinasi tombol Power + volume atas, tetapi akan muncul beberapa pilihan dengan sebagian tulisan china.

Pada pilihan tersebut silahkan pilih yang bertuliskan fastboot, maka akan dipindahkan ke tampilan mode fastboot yang sama seperti dengan cara di atas. Demikianlah cara mudah masuk mode fastboot xiaomi.

Kunjungi : Cara memasang TWRP pada hp xiaomi


Cara keluar mode fastboot

Ketika sedang berada pada mode fastboot dan sudah terhubung ke komputer menggunakan kabel usb sebenarnya cara keluar dari mode fastboot cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan perintah berikut pada tool adb&fastboot,
fastboot reboot
maka handphone akan restart dan masuk ke tampilan homescreen seperti biasa.

Lalu bagaimana bila tanpa sengaja masuk pada mode fastboot?

Apabila hal ini terjadi pada anda, tidak perlu khawatir karena untuk keluar dari mode fastboot sangatlah mudah, yaitu dengan menekan tombol power selama 10 s/d 15 detik maka handphone xiaomi anda akan restart dan kembali ke tampilan homescreen.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu mode fastboot xiaomi dan bagaimana cara masuk dan keluar dari mode fastboot, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan nya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Masuk dan Keluar Mode Fastboot Xiaomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel