Sederhana, Begini Cara Mengatasi HP Bootloop Lewat PC

Bukankah menjengkelkan saat ponsel android andalan tiba-tiba bootloop atau macet sampai di logo saja? Sudah coba restart tetap tidak berhasil? Juga sudah coba hapus cache bahkan factory reset lewat recovery juga tanpa hasil? Artinya pemulihan tidak berhasil dari dalam, maka satu-satunya cara adalah menyuntikkan kembali sistem lewat luar. Jangan khawatir, cara mengatasi hp bootloop lewat pc secara garis besar sangat sederhana.



Cara Mengatasi Hp Bootloop Lewat PC Sebenarnya Sederhana

Bootloop sendiri merupakan suatu kondisi dimana ponsel tidak dapat menampilkan sistem dikarenakan adanya kegagalan penyiapan. Ketika ponsel android sudah tidak merespon saat dicoba direset melalui recovery bawaan maupun custom, artinya ada file yang hilang ataupun rusak di dalam sistem saat ini. Maka dari itu, bagaimanapun Anda mencoba untuk memulihkannya, tetap saja tidak berhasil.

Terkecuali jika Anda memiliki backup sistem saat si android sedang sehat, maka Anda bisa memulihkannya lewat recovery tersebut. Namun bagaimana jika Anda tidak punya file cadangan tersebut? Maka melakukan flashing menjadi alternatif selanjutnya yang Anda pikirkan.

Cara mengatasi hp bootloop lewat pc atau flashing sendiri sebenarnya terdiri atas beberapa langkah yang itu-itu saja. Namun, software yang digunakan menyesuaikan dengan jenis prosesor dan merek pembuat ponselnya. Berdasar jenis prosesor, software flashing menggunakan alat berbeda. Untuk chip MediaTek menggunakan SPFlashtool, Qualcoom dengan QFIL QPST, intel menggunakan intel flash tool, Spreadtrum dengan Research Download dan lain sebagainya. Sony menggunakan Sony Flashtool, Samsung dengan ODIN, Xiaomi dengan MiFlash dan lain sebagainya.

Berikut ini kami akan menjelaskan cara flashing secara sedehana untuk chipset MediaTek yang merupakan chip terbanyak di pasaran saat ini.

Yang perlu Anda siapkan antara lain;
  • PC/Komputer/Laptop (contoh dengan OS Windows)
  • Software Flashing (dalam contoh ini SP Flash Tool)
  • StockROM menyesuaikan sesuai tipe HP (file berupa arsip yang nantinya diekstrak)
  • Driver ponsel
  • Kabel data (tidak semua kabel USB dapat digunakan untuk flashing)


Setelah semua peralatan dan software di atas disiapkan, lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pra-eksekusi dimana Anda harus memastikan proses dapat berjalan, mulai dengan
  • Install software flashing
  • Install driver ponsel
  • Extract stockROM

Catatan: terkadang proses menginstall driver bisa menjadi masalah yang rumit jika Anda tidak mengetahui triknya. Proses instalasi driver ini dapat berbeda dari satu tipe dengan tipe lainnya. Temukan cara yang tepat sesuai dengan merek dan tipe ponsel Anda.

Cara Mengatasi HP Bootloop Menggunakan SP Flashtool

  1. Jalankan SP Flash Tool dengan klik kanan Flash_tool.exe lalu pilih run as administrator.
  2. Klik bagian scatter-loading dan arahkan explorer ke direktori file stockROM tadi diekstrak dan pilih file scatter dengan ekstensi .txt
  3. Selanjutnya, file-file stockROM hasil ekstrak tadi akan secara otomatis dimuat ke SP Flash Tool.
  4. Selanjutnya klik tombol download, maka software akan bersiap mengupload file stockROM ke ponsel.
  5. Pastikan ponsel bootloop Anda benar-benar off dengan melepas baterai atau dengan menekan tombol power sekitar 10-15 detik untuk baterai non-removable, kemudian tancapkan kabel USB.
  6. Sebelum menyambungkan ke PC, ponsel harus dalam kondisi Download Mode dimana ia siap untuk menerima file yang akan diupload oleh PC. Mode ini dapat berbeda-beda sesuai merek dan tipe, maka dari itu carilah informasi sesuai dengan ponsel Anda.
  7. Ketika PC siap mengupload dan ponsel siap mendownload, sambungkan kabel.
  8. PC akan mendeteksi bahwa ada ponsel yang menunggu proses download dan akan melakukan permintaan flashing.
  9. Biasanya proses flashing akan dimulai setelah bar progress berjalan dengan warna berbeda sesuai proses yang berjalan, misalnya ungu, hijau tua ataupun merah.
  10. Tunggu hingga muncul pop-up dengan tanda centang memberi tahu bahwa proses flashing selesai.
  11. Biasanya, ponsel akan langsung reboot, jika tidak cabut kabel dan nyalakan ponsel seperti biasa.
  12. Terkadang, proses nyala pertama kali bisa lebih lama dibanding booting biasa.

Itulah tadi cara mengatasi HP bootloop lewat PC dengan software SP Flash Tool. Proses untuk chipset ataupun merek lain tidak akan jauh berbeda. Anda hanya perlu mencari beberapa informasi tambahan seperti jenis chipset, software flashing, driver USB, stockROM dan Download Mode. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Sederhana, Begini Cara Mengatasi HP Bootloop Lewat PC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel