Tips Anti Lemot untuk Mempercepat Android yang Mulai Melambat

Smartphone android merupakan sebuah perangkat elektronik yang ditanamkan sebuah chipset CPU didalam nya yang didukung dengan penyimpanan internal untuk menyimpan berbagai macam data termasuk data permanen maupun data sementara.

Seiring waktu penggunaan android pasti akan menyebabkan banyaknya data yang tersimpan di dalam penyimpanan tersebut, baik penyimpanan permanen maupun yang sementara.

Hal ini bisa menyebabkan terganggunya kinerja smartphone android kesayangan, sehingga terasa lemot atau tidak secepat ketika baru pertama dibeli.

Hal ini akan terasa mengganggu ketika sedang asyik-asyik nya menjalankan sebuah aplikasi namun menjadi terganggu karena android menjadi kurang responsif bahkan terkadang sampai menyebabkan force close atau keluar dengan sendirinya.

Lantas bagaimanakah cara agar smartphone android yang kita miliki bisa menunjukkan kinerja maksimal dan tidak terasa lemot lagi? Silahkan temukan jawaban nya pada tips berikut ini.


Tips ampuh cara mengatasi handphone lemot


7 langkah cara mempercepat Android agar handphone tidak lemot


1. Bersihkan Cached Data

Cached data yang tertimbun selama ini bisa berdampak pada kinerja handphone, untuk itu harus dibersihkan.

Caranya: Klik Pengaturan > Memori penyimpanan > Pembersihan File (Clear Storage).


2. Matikan Animasi

Animasi adalah salah satu pencuri RAM di perangkat Android, mematikan animasi dapat mengurangi kinerja handphone.

Untuk mengurangi atau mematikan animasi di Android agar Android kamu tetap cepat, kamu bisa mengaturnya di Settings - Developer Options.

Lalu ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekalian.

Caranya: Klik Pengaturan > Tentang ponsel > Klik 7 kali pada Opsi Pengembang > Kembali ke Pengaturan > Matikan Animasi dan Transisi.


3. Hilangkan Bloatware atau Uninstal Aplikasi

Banyak aplikasi yang menguras kinerja handphone, untuk itu harus segera dibersihkan dengan cara: Klik Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Uninstal aplikasi yang tidak digunakan.


4. Bersihkan Cache Partition

Cache partition berguna untuk menyimpan proses-proses yang dijalankan oleh sistem, sehingga akan mempercepat Android kamu untuk dapat segera digunakan setelah mematikan atau melakukan Restart perangkat.

Namun, lama kelamaan cache partition akan terus menumpuk di background dan memperlambat kinerja Android kamu.

Untuk menjaga agar Android kamu tetap cepat, kamu bisa menghapus cache partition sebulan sekali dengan masuk ke Recovery Mode, lalu pilih Wipe Cache Partition.


5. Pindahkan dan Kurangi Widget di Tampilan Awal

Widget merupakan fitur yang terdapat pada sistem android, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi homescreen.

Untuk menambah kinerja smartphone kesayangan, kurangi atau pindahkan beberapa widget, dengan cara menahan ikon widget lalu hapus (geser ke ikon tong sampah).


6. Aktifkan Mode Hemat Data di Google Chrome

Mode hemat data pada Google Chrome membantu penjelajahan lebih cepat yang secara otomatis membuat android tidak bekerja terlalu lama.

Caranya: Buka Google Chrome > Klik Titik tiga di bagian kanan atas > Pilih Pengaturan > Pilih dan Aktifkan Penghemat Data.


7. Lakukan Factory Reset

Dengan melakukan factory reset dapat menghapus berbagai hal yang menumpuk pada handphone kamu.

Setelah di factory reset kinerja handphone akan terasa seperti baru kembali, namun hal ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam handphone kamu.

Untuk itu lakukanlah back up data-data penting seperti photo atau file-file yang tersimpan di internal memory handphone ke penyimpanan eksternal.

Kamu bisa melakukan Factory Reset melalui menu Settings > Backup & reset > Factory data reset.

(Baca Juga: Cara Flash Android Menggunakan QGDP Download Tool)

Itulah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan agar android tidak lemot dan mampu mempercepat kinerja android.

Semoga bermanfaat! ^^

Belum ada Komentar untuk "Tips Anti Lemot untuk Mempercepat Android yang Mulai Melambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel