Cara Flash Luna V57 (V Dual) 100% Sukses via SP Flashtool

Cara Flash Luna V57 berikut ini dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SP Flashtool yang merupakan tool khusus untuk melakukan proses flashing pada smartphone yang menggunakan system on chip (SoC) Mediatek sebagai prosessornya. Flashing sampai saat ini merupakan cara yang sangat ampuh yang bisa dilakukan pengguna smartphone untuk mengatasi kerusakan-kerusakan pada ponsel yang diakibatkan karena permasalahan software. Diantaranya seperti hang, softbrick, restart, maupun bootloop yang menjadi kekhawatiran para pengguna smartphone ketika sedang memodifikasi sistem dalam smartphone seperti melakukan root maupun instal custom ROM. Sebelum ke tutorial cara Flash Luna V57 saya akan membahas sedikit mengenai spesifikasi pada smartphone V dual ini.

Spesifikasi Luna V57 (Luna V Dual)

Luna V57 atau yang dikenal dengan sebutan luna V Dual merupakan smartphone yang direlease produsen smartphone lokal di indonesia. Meski demikian pada awalnya Luna merupakan smartphone yang diproduksi oleh vendor asal korea yang terkenal memiliki nilai tinggi dalam hal menjaga kualitas sebuah produk.

Spesifikasi dan tutorial cara flash Luna V57

Spesifikasi Luna V57 pada bagian dapur pacunya dibenamkan chipset Mediatek MT6739 berprosesor Quad Core dengan kecepatan 1,5 Ghz Cortex A53. Guna meningkatkan performa pada smartphone luna V57 didukung dengan pemrosesan memori RAM 3GB dan penyimpanan internal ROM 32GB.

Pada bagian layar menggunakan Fullscreen Display berukuran 5,7 inchi berteknologi IPS dengan resolusi 720 x 1280 piksel dan memiliki kerapatan layar 283 ppi. Pada permukaan touchscreen sudah dilindungi oleh protektor corning gorilla glas.

Luna V dual dibekali dengan dual kamera belakang 13MP + 2MP + AF Flash yang mampu menciptakan efek bokeh. Sedangkan pada bagian kamera depan nya disematkan kamera beresolusi 5 MP yang sudah dilengkapi dengan lampu flash guna mendukung aktifitas selfie di segala kondisi cahaya.

Guna meningkatkan sistem keamanan pada smartphone telah dilengkapi sensor finger print dan face unlock. Ponsel luna V57 sudah mendukung penggunaan dual 4G on disemua jaringan sehingga tidak perlu khawatir koneksi internet terputus saat bermain game ketika ada panggilan telepon masuk. Guna mendukung aktifitas pada smartphone dibekali dengan baterai berkapasitas 3500 mAH.

Masalah Software pada Smartphone

Setinggi apapun spesifikasi yang dimiliki sebuah smartphone, lambat laun akan mengalami kerusakan baik itu kerusakan karena hardware maupun karena permasalahan software. Untuk mengatasi kerusakan yang diakibatkan karena permasalahan software dapat diatasi dengan menggunakan metode hard reset dan Flashing.

Kerusakan pada smartphone yang bisa diperbaiki menggunakan metode hard reset dan flashing diantaranya adalah:
  1. Ponsel Luna V57 error
  2. Ponsel Luna V57 terasa lambat dan lemot
  3. Ponsel Luna V57 hang atau macet
  4. Ponsel Luna V57 terkadang restart
  5. Ponsel Luna V57 terinfeksi virus
  6. Ponsel Luna V57 lupa pola, pin atau password
  7. Ponsel Luna V57 bootloop atau softbrick
  8. Aplikasi pada ponsel Luna V57 tertutup sendiri atau force close
  9. Ponsel Luna V57 mati akibat kerusakan pada software
  10. Silahkan tambahkan di kolom komentar apabila masih ada yang kurang ^^

Sebelum melakukan proses flashing menggunakan pc, ada baiknya menggunakan metode hard reset untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut. Metode hard reset sangat mudah dilakukan hanya dengan menekan beberap tombol pada smartphone tanpa menggunakan pc/komputer.

Cara Hard Reset Luna V57

Untuk melakukan hard reset pada Luna V57 (Luna V Dual) silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Tekan "tombol Power + Volume atas" secara bersamaan
  • Pilih "recovery" menggunakan tombol volume atas, tekan volume bawah untuk ok
  • Pilih "Wipe cache partition", pilih "yes"
  • Pilih "Wipe data/factory reset" kemudian pilih "yes"
  • Pilih "reboot system now"
  • Selesai

Apabila cara hard reset Luna V57 tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah pada ponsel, maka silahkan lakukan tutorial cara flash smartphone android menggunakan SP Flashtool berikut ini.

Cara Flash Luna V57 Menggunakan SP Flashtool

  1. Sebelum memulai tutorial silahkan download file firmware Luna V57 beserta tool dan drivernya berikut ini.


  2. Silahkan ekstrak bahan-bahan untuk flash Luna V57 yang sudah di download pada link di atas, apabila meminta password silahkan masukkan www.pinponsel.com sebagai passwordnya.
  3. Masukkan password pada saat ekstrak file firmware
  4. Silahkan install Driver Auto Installer hingga selesai, apabila muncul konfirmasi dari windows pilih saja yang "Install this driver software anyway", kemudian restart komputer setelah driver selesai terpasang.
  5. Silahkan install driver mediatek untuk flash Luna V57 dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai
  6. Silahkan buka "flash_tool" yang terdapat di dalam folder CY SP Flash Tool v5.1752.
  7. Open SP Flashtool
  8. Setelah Flashtool terbuka silahkan click "choose" pada baris "Download-Agent" kemudian arahkan ke folder "CY SP_Flash_Tool_v5.1752_Win » SignDA » 1702_1705 » mtk_allinone_da.bin" untuk memasukkan file "mtk_allinone_da.bin" kedalam SP Flashtool.
  9. Open MTK all in one DA
  10. Kemudian silahkan masukkan Firmware Luna V57 dengan click "choose" pada baris "scatter-loading file" arahkan pada folder "CSW1705EI_2401_T0737" kemudian pilih "MT6739_Android_scatter", untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini.
  11. Silahkan masukkan file firmware luna V57
  12. Klik "Choose" pada baris Authentication file kemudian arahkan ke folder "CY SP_Flash_Tool_v5.1752_Win » SignDA » 1702_1705 » auth_sv5_Ex.auth" untuk memasukkan file auth_sv5_Ex.auth. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar berikut ini.
  13. Masukkan file athentication
  14. Setelah itu silahkan pilih "firmware upgrade" kemudian klik "Download" untuk memulai proses Flash Luna V57.
  15. Pilih firmware upgrade kemudian klik download untuk memulai proses flashing
  16. Dalam keadaan mati/power off, silahkan tekan dan tahan tombol "volume bawah" kemudian hubungkan ponsel luna V57 ke komputer menggunakan kabel USB, maka proses flashing akan segera berjalan seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.
  17. Proses flashing firmware update sedang berjalan
  18. Silahkan tunggu proses flashing hingga selesai ditandai dengan munculnya window baru dengan tanda centang seperti pada gambar berikut ini.
  19. Update Firmware Done
  20. Setelah proses download selesai, silahkan cabut kabel USB dari smartphone Luna V57, kemudian tekan tombol power untuk menghidupkan ponsel tersebut.

Selamat kamu berhasil melakukan tutorial Cara Flash Luna V57 Menggunakan SP Flashtool. Demikian tutorial yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada pertanyaan atau pesan dan kesan silahkan tulis pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah artikel ini. Terimakasih ^^

Belum ada Komentar untuk "Cara Flash Luna V57 (V Dual) 100% Sukses via SP Flashtool"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel