Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 via Recovery dan SP Flashtool

Pinponsel - Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 yang akan dibahas kali ini dapat dilakukan menggunakan 2 metode, yaitu cara flash melalui Mode Recovery tanpa menggunakan PC dan Cara flash melalui SP Flashtool yang tentunya harus menggunakan PC. Metode flash yang pertama tanpa pc menggunakan cara update firmware via recovery mode, cara ini hanya bisa dilakukan pada ponsel yang masih bisa masuk ke mode Recovery. Sebenarnya cara ini kurang ampuh untuk mengatasi kerusakan bootloop namun bisa menjadi solusi sementara apabila kamu tidak mempunyai pc/komputer.

Cara Flash oppo neo 5 R1201 tanpa pc melalui mode recovery biasanya tidak bertahan lama, dan suatu saat dapat rusak kembali kapan saja. Oleh karena itu saya merekomendasikan untuk menggunakan metode kedua yaitu flash menggunakan pc/komputer.

Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 via Recovery dan SP Flashtool untuk memperbaiki kerusakan software seperti bootloop, hang/softbrick, lupa pola.

Mode Recovery pada oppo Neo 5 R1201 merupakan mode boot system dibawah system color OS. Melalui mode recovery pengguna bisa melakukan backup dan restore user data, menghapus cache partition, melakukan factory reset, hingga update firmware melalui ADB atau dari SD Card.

Cara flash ponsel oppo neo 5 tanpa pc ini memang sangat mudah untuk dilakukan, hanya bermodalkan kuota untuk download file firmware OTA kemudian simpan didalam sebuah memori SD card lalu lakukan update melalui SD card pada mode recovery. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti tutorial berikut ini.

Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 tanpa PC

  1. Sebelum melangkah ke tutorial silahkan download langsung file firmware Oppo neo 5 R1201 berikut ini.
  2. 1201EX_11.A.15_OTA_INT_015_all_160730
  3. Setelah didownload silahkan simpan file 1201EX_11.A.15_OTA_INT_015_all_160730.zip tersebut di dalam SD card yang sudah disiapkan, simpan diluar folder agar mudah ditemukan.
  4. Pastikan ponsel oppo Neo 5 R1201 yang akan di flash sudah terisi cukup daya, setidaknya 40% guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat proses update firmware berjalan.
  5. Silahkan matikan ponsel tersebut kemudian pasang memori micro SD yang sudah berisi firmware tersebut ke slot memori nya.
  6. Untuk masuk ke mode rcovery silahkan tekan tombol "Volume bawah + tombol Power" secara bersamaan hingga muncul tulisan Oppo Recovery di pojok layar kemudian lepaskan tombol.
  7. Pada menu recovery akan diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan, silahkan pilih bahasa "English" menggunakan tombol volume atas atau bawah, lalu tekan tombol power untuk "ok". Atau bisa juga memilih dengan layar sentuh.
  8. Pada pilihan mode recovery silahkan pilih "Wipe Data and Cache" kemudian pilih "yes/ok", tunggu proses hingga selesai.
  9. Selanjutnya silahkan pilih menu "Install from sd" lalu pilih file firmware OTA yang sudah dicopy di microSD, pilih "ok/yes" untuk memulai proses update firmware.
  10. Proses flashing akan berjalan selama beberapa menit, pastikan selama proses flasing ponsel tidak terganggu karena fatal akibatnya.
  11. Saat proses update firmware selesai akan muncul notifikasi "Update Successfully" dilayar lalu silahkan pilih "Ok/Yes".
  12. Selanjutnya silahkan pilih "Reboot" tekan "ok/yes", maka ponsel akan restart.
  13. Proses booting pertama kali memakan waktu yang lebih lama dari biasanya.
  14. Apabila berhasil masuk ke menu awal android berarti proses flashing melalui Recovery Mode telah berhasil.
  15. Selamat kamu berhasil melakukan cara flash Oppo Neo 5 R1201 via Recovery Mode tanpa PC.

Apabila setelah melalui rangkaian proses cara flash tanpa pc tersebut, ponsel oppo neo 5 R1201 masih mengalami kerusakan bootloop atau mati total silahkan lakukan flash oppo neo 5 R1201 menggunakan SP Flashtool melalui PC/komputer. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti tutorial berikut ini.


Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 via SP Flashtool

  1. Sebelumnya silahkan download file firmware beserta tool dan drivernya berikut ini.
  2. Silahkan ekstrak file-file untuk flash oppo Neo 5 R1201 yang sudah di download melalui link di atas.
  3. Silahkan instal driver smartphone yang terdapat pada folder SP_Drivers_EXE_v1.6 dan Auto installer » Driver_Auto_Installer » SmartPhoneDriver » pilih x86 (win 32 bit) atau x64 (win 64bit) » jalankan spinstall.exe.
  4. install driver smartphone
  5. Untuk memulai flashing Oppo Neo 5 R1201 silahkan buka flash_tool yang tersimpan di dalam folder SP_Flasht_tool yang sudah di download sebelumnya.
  6. Open SP flashtool
  7. Setelah SP flashtool terbuka silahkan klik 'Scatter-loading' untuk memasukkan file firmware Oppo Neo 5 R1201 yang akan di flash ke dalam handphone. Arahkan ke folder dimana anda menyimpan file firmware Oppo Neo 5 R1201 tersebut dan pilihlah file scatternya yang ber ekstensi txt .
  8. Kemudian klik tombol 'Download' untuk menjalankan proses flashing Oppo Neo 5 R1201.
  9. Dalam keadaan mati/power off silahkan tekan tombol volume atas kemudian hubungkan ponsel Oppo Neo 5 R1201 ke komputer menggunakan kabel usb yang sudah disiapkan.
  10. Maka proses flshing akan segera berjalan, silahkan tunggu hingga selesai ditandai dengan munculnya tanda centang berwarna hijau berikut ini.
  11. Silahkan cabut kabel usb dari handphone kemudian hidupkan hp oppo tersebut dengan menekan tombol power, ketika smartphone pertama kali dinyalakan akan memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Selamat kamu berhasil melakukan Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 via SP Flashtool untuk mengatasi kerusakan yang timbul karen masalah software seperti bootloop, hang dan mati total. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih ^^

Belum ada Komentar untuk "Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 via Recovery dan SP Flashtool"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel