Cara Hard Reset dan Factory Reset Android Semua Tipe

Cara Hard Reset dan factory reset ini bisa diterapkan pada hampir semua jenis ponsel android. Cara-cara berikut ini sangatlah mudah untuk dilakukan, yaitu hanya dengan menekan beberapa tombol pada ponsel tanpa menggunakan pc/komputer. Hard Reset/factory reset bisa digunakan untuk mengatasi kerusakan yang timbul karena masalah software ringan seperti lupa pin ponsel, lupa pola, hang, dll. Sedangkan untuk kerusakan software yang lebih berat seperti bootloop / softbrick hingga mati total harus melakukan proses flashing. Namun sebelum melakukan proses flashing tidak ada salahnya mencoba metode hard reset untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut karena lebih mudah untuk dilakukan tanpa menggunakan pc/komputer.

Cara Melakukan factory reset dan hard reset menggunakan mode Recovery dan test mode

Kerusakan yang diakibatkan masalah software beragam jenisnya, namun yang biasa terjadi pada ponsel android dan masih memungkinkan untuk diperbaiki menggunakan metode hard reset diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Kerusakan Software yang Sering Terjadi pada Ponsel Android

  1. Ponsel android mengalami lupa pola, password atau pin ponsel.
  2. Ponsel android mengalami error.
  3. Ponsel android terasa lambat atau lemot.
  4. Ponsel android mengalami hang atau macet.
  5. Ponsel android terkadang restart.
  6. Ponsel android terinfeksi virus.
  7. Ponsel android mengalami aplikasi tertutup sendiri atau force close.
  8. Ponsel android mengalami bootloop atau softbrick.
  9. Dan lain-lain, silahkan berikan tambahan di kolom komentar :D

Sebagian besar kerusakan yang diakibatkan oleh masalah software tersebut masih bisa diperbaiki melalui metode hard reset dan factory reset. Metode hard reset dan factory reset pada android akan melakukan format pada penyimpanan internal dan menghapus segala macam data yang tersimpan di dalamnya seperti foto, musik, dan kontak.

Proses ini akan mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan awal seperti waktu pertama kali dibeli. Jadi silahkan amankan (backup) file-file yang masih diperlukan ke penyimpanan eksternal (SD card) sebelum melakukan factory reset/hard reset.

Bahaya Melakukan Hard Reset dan Factory Reset Sembarangan

Untuk Ponsel android yang menggunakan OS 5.0 (Lollipop) keatas saat ini sudah diproteksi dengan sistem keamanan dari google yang bernama FRP (Factory reset Protection). Sistem keamanan ini difungsikan untuk mencegah supaya ponsel android tidak bisa digunakan orang lain setelah difactory reset karena akan meminta akun google saat dinyalakan.

Jika tidak mengetahui akun google yang digunakan pada ponsel tersebut maka smartphone tidak akan bisa digunakan meski melakukan flashing atau update software. Dengan demikian hanya pemilik sah ponsel tersebut yang bisa menggunakannya.

Untuk menghindari terjadinya lock FRP pada ponsel android, pastikan kamu sudah mengingat akun google & password yang digunakan sebelum melakukan factory reset. Atau kamu bisa menghilangkan semua sistem keamanan yang ada di smartphone dengan menghapus semua akun google dan pola atau sandi sebelum melakukan factory reset.

Meskipun saat ini sudah banyak tutorial cara melewati FRP tentunya akan merepotkan bila sampai terkena lock FRP dan banyak waktu dihabiskan hanya untuk melakukan hal tersebut.

Jadi sebelum mengikuti tutorial ini pastikan kamu sudah mengingat akun google dan password yang digunakan pada smartphone. Atau menghapus semua akun google dan sistem keamanan (pola/sandi) yang diterapkan di dalamnya bila masih memungkinkan.


Cara Factory Reset Android

Apabila ponsel android masih bisa dinyalakan dan memungkinkan untuk masuk ke menu Setting/Setelan bisa dilakukan metode Factory Reset melalui menu setting/setelan berikut ini :
  1. Silahkan masuk ke menu "Setting/Setelan" pada ponsel.
  2. Kemudian pilih "Cadangkan&Setel Ulang".
  3. Lalu pilih "Kembalikan ke setelan pabrik".
  4. Kemudian pilihlah "Setel Ulang Telepon" yang ada di bawah layar.
  5. Untuk melanjutkan silahkan pilih "Hapus Semua".
  6. Maka proses factory reset akan segera dimulai.
  7. Silahkan tunggu beberapa saat hingga factory reset selesai.

Namun apabila ponsel android sudah tidak bisa masuk ke menu setting/setelan, misalnya karena lupa pola/pin, hang dan bootloop silahkan lakukan metode Hard Reset berikut ini.

Sebenarnya ada 2 tampilan menu untuk melakukan factory setting melalui hard reset, yaitu melalui menu di Recovery Mode dan menu Test mode. Kedua menu tersebut dapat diakses dengan menekan tombol power dan menahan tombol volume bawah/volume atas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Hard Reset Android Melalui Mode Recovery

  1. Pastikan battere sudah terisi daya yang cukup, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika proses hard reset sedang berlangsung.
  2. Silahkan matikan daya pada ponsel dengan menekan tombol power beberapa saat kemudian pilih "Matikan daya" lalu tekan "Ok" untuk konfirmasi, atau bisa dilakukan dengan mencabut battere kemudian memasangnya kembali.
  3. Silahkan masuk ke mode Recovery dengan cara menekan tombol power diikuti dengan menahan tombol volume atas/volume bawah (coba salah satu tombol volume bawah/atas) selama beberapa saat hingga muncul logo brand android tersebut kemudian lepaskan tombol powernya saja, sedangkan tombol volume atas/volume bawah tetap ditekan hingga masuk mode recovery. Untuk hp samsung menggunakan 3 tombol yaitu tombol home (tombol tengah di bawah layar), tombol power, dan volume atas.
  4. Pada sebagian ponsel android akan dihadapkan pada 3 menu pilihan, yaitu Recovery Mode, Fastboot Mode, dan Normal Mode. Gunakan volume bawah untuk memilih "Recovery Mode" kemudian tekan volume bawah untuk Ok.
  5. Apabila muncul gambar robot android terbaring silahkan tahan tombol power kemudian diikuti dengan menekan tombol volume atas sekali lagi. Apabila berhasil ponsel akan masuk ke mode recovery android.
  6. Pada Mode Recovery gunakan tombol volume bawah dan volume atas untuk gulir ke bawah/atas, kemudian silahkan pilih "Wipe cache partition" menggunakan tombol power, apabila muncul pesan konfirmasi silahkan pilih "yes".
  7. Kemudian silahkan pilih "Wipe data/factory reset" untuk memulai proses hard reset, kemudian pilih "yes" maka proses wiping data dan factory reset akan segera berjalan, silahkan tunggu hingga selesai.
  8. Untuk keluar dari menu recovery silahkan pilih "Reboot system now".
  9. Ponsel android akan reset dan memakan waktu lebih lama dari biasanya untuk hidup, silahkan tunggu hingga selesai.
  10. Apabila berhasil layar ponsel akan menampilkan menu home screen pada pengaturan awal, silahkan lakukan pengaturan seperti saat pertama kali dibeli.

Namun untuk saat ini ada sebagian ponsel yang tidak menampilkan mode recovery, maka kamu bisa mencoba melakukan Hard reset melalui menu Test mode. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak tutorial berikut ini.


Cara Hard Reset Android melalui Test Mode

  1. Pastikan battere sudah terisi daya yang cukup guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika proses hard reset berlangsung.
  2. Silahkan matikan daya pada hp android kamu dengan menekan tombol power beberapa saat kemudian pilih Matikan daya lalu tekan Ok untuk konfirmasi, atau bisa dilakukan dengan mencabut battere kemudian memasangnya kembali.
  3. Silahkan tekan Tombol Power + Volume Atas/Volume bawah secara bersamaan beberapa saat, ketika muncul logo brand ponsel tersebut silahkan lepaskan tombol power, namun tombol volume atas/volume bawah tetap ditahan hingga muncul menu dengan tulisan-tulisan china berikut ini.
  4. Tampilan awal masuk menu test mode
  5. Gunakan tombol volume bawah untuk gulir kebawah, arahkan ke menu dengan tulisan china seperti gambar di bawah ini atau cari tulisan yang mengandung kata eMMC, lalu gunakan tombol volume atas/tombol power untuk memilih menu tersebut.
  6. Pilih menu paling bawah untuk melakukan Hard reset
  7. Maka proses factory reset pada android akan berjalan ditandai dengan lambang lingkaran berwarna warni muncul dilayar.
  8. Proses Hard reset melalui menu test mode sedang berlangsung
  9. Silahkan tunggu proses factory reset tersebut sampai selesai, biasanya memakan waktu hingga 5 s/d 10 menit.
  10. Apabila berhasil maka akan muncul pengaturan awal dengan tulisan WELCOME menyambutmu, silahkan lakukan pengaturan awal ponsel android dengan memilih "Get Started / Mulai" lalu ikuti petunjuk berikutnya pada layar hingga selesai.
  11. Proses Hard reset melalui menu test mode sudah selesai (sukses)

Demikianlah tutorial cara melakukan Hard Reset dan Factory Reset pada smartphone android yang dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menekan kombinasi beberapa tombol saja. Cara hard reset tersebut dapat digunakan pada seluruh hp Evercoss dan secara umum pada sebagian besar ponsel android.

Sampai disini semoga permasalahan software ringan pada ponsel android kamu sudah terselesaikan. Apabila cara tersebut masih kurang ampuh, kamu bisa mencoba melakukan flashing pada ponsel android tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, apabila ada pertanyaan, saran, atau penambahan yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang telah disediakan di bawah ini. Terimakasih ..

Belum ada Komentar untuk "Cara Hard Reset dan Factory Reset Android Semua Tipe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel