Cara Mengunci Aplikasi di Android Menggunakan AppLock

Cara mengunci aplikasi android ini diperlukan untuk menjaga privasi dan keamananan pengguna smartphone android dari orang-orang yang kepo dengan isi dan aktifitas di dalam smartphone android kamu. Dengan melakukan cara ini kamu bisa mengunci setiap aplikasi yang terdapat di smartphone android, sehingga tidak ada orang lain yang bisa membuka dan mengintip apa saja yang sedang kamu lakukan pada setiap aplikasi yang terpasang di smartphone android milikmu. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi khawatir ada orang yang iseng membuka dan melihat-lihat isi chatting dan aplikasi tertentu yang sifatnya pribadi seperti Facebook, Whatsapp, Galeri, Messenger, Snapchat, Instagram, SMS, Kontak, Gmail, Pengaturan, Panggilan telepon, dan aplikasi lain nya yang terpasang pada smartphone android.

AppLock merupakan aplikasi pengunci aplikasi yang dikembangkan oleh DoMobile Lab, dan sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna melalui play store di seluruh dunia. Berdasarkan keterangan melalui laman web domobile.com, aplikasi ini merupakan aplikasi pengunci aplikasi nomor 1 di dunia yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 dan sudah dipercaya oleh lebih dari 300 juta pengguna dari sekitar 150 negara. Sudah mendukung penggunaan dalam 32 bahasa dan telah direkomendasikan oleh google play pada halaman utamanya sebanyak hampir 200 kali.

Apa saja yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi AppLock ini?
  • Menjaga privasi dan keamanan dengan mengunci setiap aplikasi yang terpasang di android seperti Facebook, Whatsapp, Galeri, Messenger, Snapchat, Instagram, SMS, Kontak, Gmail, Pengaturan, panggilan masuk, dan aplikasi apa pun yang kamu pilih.
  • Menyembunyikan foto dan video. Foto dan video yang disembunyikan tidak akan ditampilkan di galleri melainkan hanya bisa dilihat melalui brankas yang ada di dalam aplikasi AppLock.
  • Menggunakan sidik jari (finger print), Pola, dan kata sandi (password) untuk mengunci aplikasi.
  • Fitur pola bisa disetting tidak terlihat sehingga kamu tidak perlu khawatir saat membuka pola di dekat orang lain.
  • Tersedia fitur incognito browser (mode penyamaran) yang tidak meninggalkan history penjelajahan.
  • Tersedia fitur private SNS (Sosial Networking Site) yang bisa digunakan untuk log in lebih dari satu akun.
  • Dapat mengambil foto saat ada yang coba-coba membuka aplikasi dan salah memasukkan kode.
  • Tersedia beragam tema untuk merubah tampilan AppLock.
  • Kustomisasi profil untuk membuat grup aplikasi tertentu yang di lock.
  • Fitur auto lock memungkinkan mengaktifkan profil tertentu yang sudah dibuat atau membuka lock semua aplikasi pada waktu yang dijadwalkan.
  • Location lock, mengunci atau membuka kunci aplikasi secara otomatis berdasarkan tempat atau wifi yang tersambung.
  • Icon AppLock pada android bisa disembunyikan, sehingga aman dari uninstal melalui drag icon ke tempat sampah/uninstall.
  • Lock incoming call untuk mencegah orang lain menjawab panggilan masuk.
  • dan beberapa fitur lain nya yang bisa kamu lihat sendiri setelah menginstall AppLock :D.

Silahkan simak langkah-langkah berikut ini untuk mengunci aplikasi menggunakan AppLock.


Cara Mengunci Aplikasi Menggunakan AppLock

  1. Silahkan install AppLock melalui PlayStore.
  2. Kemudian buka aplikasi AppLock yang sudah kamu install tersebut. AppLock akan meminta kamu untuk membuat "pola" yang akan digunakan untuk mengunci aplikasi, silahkan buat pola tersebut sebanyak 2 kali. Kemudian silahkan masukkan email untuk keamanan lalu tekan "Simpan". Apabila muncul pemberitahuan tekan saja Oke.
  3. Buat pola pertama Buat pola kedua (konfirmasi pola) Tambahkan email keamanan lalu simpan
  4. Pada menu "Privasi" kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci dengan menekan gambar gembok terbuka, kemudian pilih izinkan bila muncul menu konfirmasi. Untuk pengguna android 5.0 keatas akan dibawa ke jendela baru, pilihlah AppLock kemudian ketuk "Izinkan akses penggunaan" maka aplikasi tersebut akan terlindungi dengan gambar gembok terkunci.
  5. Mengunci aplikasi pertama kali Memberi perizinan pada Applock Izinkan akses penggunaan Applock
  6. Untuk selanjutnya silahkan pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu kunci dengan menekan gambar gembok terbuka, maka gambar gembok akan berubah menjadi tertutup menandakan aplikasi sudah terlindungi. Kunci juga menu setelan agar aplikasi AppLock tidak bisa di uninstall oleh orang lain.
  7. Pilih aplikasi yang ingin dilindungi / lock
  8. Agar bisa menggunakan fitur sidik jari (finger print) silahkan pilih "Lindungi", pada menu "Keamanan" silahkan aktifkan "Kunci Sidik Jari". Dengan mengaktifkan Kunci sidik jari kamu bisa membuka aplikasi yang sudah terkunci menggunakan fitur finger print pada smartphone milikmu.
  9. Pilih menu lindungi Aktifkan fitur kunci sidik jari
  10. Masih pada menu "Keamanan" pilihlah "Pengaturan Pengaktifan" kemudian pilih "Kata Sandi", silahkan masukkan kata sandi yang kamu inginkan, kemudian masukkan kata sandi sekali lagi untuk konfirmasi. Untuk kembali menggunakan kunci pola silahkan pilih "Pola", kemudian masukkan pola yang kamu inginkan sebanyak 2 kali. Kemudian pilih kembali ke "Pengaturan Pengaktifan".
  11. Pilih pengaturan pengaktifan Pilih kata sandi untuk membuat password Masukkan kata sandi yang diinginkan Konfirmasi kata sandi Kembali ke pengaturan pengaktifan
  12. Pada menu Lindungi pilihlah "Ajaib" kemudian ketuk "Sembunyikan AppLock" untuk menghilangkan icon Applock pada menu layar android. Kemudian ketuk sekali lagi pada "Sembunyikan AppLock" maka icon Applock akan menghilang dari layar Android kamu, silahkan kamu cek :D. Dengan begini Applock tidak akan bisa di uninstal dengan cara drag icon ke tempat sampah / uninstall.
  13. Pilih menu ajaib Pilih sembunyikan AppLock Ketuk menu sembunyikan Applock
  14. Untuk masuk lagi ke menu AppLock silahkan tekan # diikuti dengan kata sandi yang tadi sudah kamu buat, contoh: #123 kemudian tekan tombol panggil, maka kamu akan dibawa kembali ke menu AppLock untuk melakukan pengaturan lain nya yang kamu inginkan.
  15. Masukkan # diikuti kata sandi untuk masuk ke Applock Masukkan pola atau tempelkan sidik jari untuk masuk ke Applock
  16. Selamat kamu berhasil melindungi privasi dan kerahasiaan isi dari aplikasi pribadimu.

Demikianlah cara mengunci aplikasi menggunakan Applock yang bisa kamu download dari playstore secara gratis. Sebenarnya ada banyak aplikasi pengunci aplikasi selain Applock yang bisa kamu download dari playstore. Tapi hanya Applock yang memiliki fitur lengkap layaknya premium namun nyaman digunakan karena tidak terlalu banyak muncul iklan seperti aplikasi lain pada umumnya.

Bagaimana, sependapat dengan saya? silahkan tulis pendapat teman-teman pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah ini ^^.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengunci Aplikasi di Android Menggunakan AppLock"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel