Cara Flash Oppo A37 (A37F) Tanpa PC via SD Card

Pinponsel - Cara Flash Oppo A37 (A37F) yang akan kita bahas kali ini menggunakan cara update firmware yang aman melalui mode Recovery menggunakan SD card. Cara ini merupakan alternatif paling mudah yang dapat dilakukan setelah melakukan hard reset untuk mengatasi kerusakan software ringan maupun bootloop pada smartphone Oppo A37 (A37F) tanpa menggunakan PC / komputer. Meskipun tidak seampuh menggunakan tool melalui pc yang memang diperuntukkan khusus untuk perbaikan program pada ic flash, namun cara flash Oppo A37 (A37F) tanpa pc ini layak dicoba karena lebih aman dan sangat mudah untuk dilakukan tanpa harus ribet instal driver dan tool penunjang lain nya pada pc.

Bootloop adalah suatu keadaan pada smartphone dimana sistem android mengalami kegagalan booting/start up sehingga hanya menampilkan logo android atau vendor secara terus menerus atau berulang-ulang pada layar. Ponsel Oppo A37 (A37F) yang mengalami bootloop tidak akan bisa masuk ke menu utama smartphone melainkan hanya stuck pada logo android atau vendor saat dinyalakan.

cara flash oppo a37/a37f tanpa pc via sd card

Untuk mengatasi bootloop Oppo A37 (A37F) diperlukan tindakan flashing, Flashing adalah sebuah proses menghapus program lama pada sebuah chipset/ic flash dan menggantinya dengan program (operating system) yang baru.

Tindakan flashing pada Oppo A37 diperlukan karena adanya permasalahan pada program sehingga tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Untuk melakukan flashing dibutuhkan sebuah firmware, di dalam firmware inilah terdapat software yang akan diprogram pada sebuah smartphone.

Permasalahan software yang sering terjadi pada sebuah ponsel android diantaranya adalah :
  • Ponsel Oppo A37 mengalami error
  • Ponsel Oppo A37 terasa lambat dan lemot
  • Ponsel Oppo A37 hang atau macet
  • Ponsel Oppo A37 terkadang restart
  • Ponsel Oppo A37 terinfeksi virus
  • Ponsel Oppo A37 mengalami lupa pola, pin atau password
  • Ponsel Oppo A37 mengalami bootloop atau softbrick
  • Aplikasi pada ponsel Oppo A37 tertutup sendiri atau force close
  • Ponsel Oppo A37 mati akibat kerusakan pada software
  • Silahkan tambahkan di kolom komentar apabila masih ada yang kurang ^^

Guna memperbaiki kerusakan-kerusakan software tersebut diperlukan sebuah tindakan flashing, untuk melakukan flashing pada smartphone android Oppo A37 (A37F) silahkan ikuti langkah-langkahnya pada tutorial berikut ini.



Cara Flash Oppo A37 (A37F) Melalui Mode Recovery Menggunakan SD Card

  1. Sebelum melangkah ke tutorial silahkan download langsung file firmware Oppo A37 (A37F) berikut ini.
  2. Download Firmware Oppo A37 A37fEX_11_A.28
  3. Setelah didownload silahkan simpan file A37fEX_11_A.28.zip tersebut di dalam SD card yang sudah disiapkan, simpan diluar folder agar mudah ditemukan.
  4. Pastikan ponsel Oppo A37 (A37F) yang akan di flash sudah terisi cukup daya, setidaknya 40% guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat proses update firmware berjalan.
  5. Silahkan matikan ponsel Oppo A37 (A37F) tersebut kemudian sisipkan memori micro SD yang sudah berisi firmware update ke slot memori ponsel.
  6. Apabila Oppo A37 (A37F) dalam keadaan bootloop dapat dimatikan dengan terus menekan tombol powernya dalam waktu cukup lama sampai ponsel benar-benar off.
  7. Untuk masuk ke mode recovery Oppo A37 (A37F) silahkan tekan tombol "Volume bawah + tombol Power" secara bersamaan hingga muncul logo Oppo pada layar kemudian lepaskan tombol powernya saja, sedangkan tombol volume bawah tetap ditekan hingga masuk ke menu ColorOS.
  8. Kemudian akan diminta untuk memilih bahasa yang ingin digunakan, silahkan pilih bahasa "English" menggunakan tombol volume atas atau bawah, lalu tekan tombol power untuk "ok". Atau bisa juga memilih dengan layar sentuh pada Oppo A37 (A37F).
  9. Pada pilihan mode recovery Oppo A37 (A37F) silahkan pilih "Wipe Data and Cache".
  10. Wipe data akan menghapus semua data dan aplikasi di dalam Oppo A37 (A37F), silahkan tekan "OK" untuk konfirmasi, silahkan tunggu proses hingga selesai / Wipe Complete.
  11. Selanjutnya silahkan pilih menu "Install from storage device" lalu pilih file firmware A37fEX_11_A.28.zip yang sudah disimpan di micro SD, pilih "ok/yes" untuk memulai proses update firmware.
  12. Proses flashing Oppo A37 (A37F) akan berjalan selama beberapa menit, pastikan selama proses flasing ponsel tidak terganggu karena dapat memperparah kerusakan.
  13. Saat proses update firmware Oppo A37 (A37F) selesai akan muncul notifikasi "Update Successfully" dilayar lalu silahkan pilih "Ok/Yes".
  14. Selanjutnya silahkan pilih "Reboot" lalu tekan "ok/yes", maka ponsel akan restart.
  15. Proses booting Oppo A37 (A37F) pertama kali akan memakan waktu yang lebih lama dari biasanya.
  16. Apabila berhasil masuk ke menu awal android berarti proses flashing Oppo A37 (A37F) menggunakan micro SD telah berhasil.
  17. Selamat kamu berhasil melakukan cara flash Oppo A37 (A37F) via Recovery Mode tanpa PC.

Semoga setelah melalui rangkaian tutorial diatas dapat memperbaiki masalah software yang terjadi pada ponsel Oppo A37 (A37F) kamu. Dengan melakukan update firmware ini dapat memperbarui Android Security Patch, meningkatkan stabilitas sistem dan mmenyelesaikan masalah booting exception setelah diperbarui online...

Demikianlah tutorial Cara Flash Oppo A37 (A37F) tanpa PC yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Terimakasih atas kunjungannya ^^

Belum ada Komentar untuk "Cara Flash Oppo A37 (A37F) Tanpa PC via SD Card"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel