Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Adware pada Smartphone Android

Cara mengatasi Adware - Apakah kamu pernah mengalami munculnya pop-up iklan yang mengganggu saat sedang menggunakan smartphone? Jika iya, artinya smartphone kamu sudah terinfeksi virus Adware. Akhir-akhir ini, banyak smartphone yang disusupi oleh Adware dari pihak-pihak yang tidak bertanggug jawab.

Adware sendiri merupakan sejenis perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk menginstalasi dirinya sendiri tanpa diketahui oleh pengguna smartphone. Perangkat lunak ini kemudian akan menampilkan iklan saat pengguna sedang melakukan browsing

Apabila hal ini terjadi, kamu tidak perlu kesal karena ada cara mengatasi Adware yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal menyebalkan ini. Tapi, sebelum kita membahas cara mengatasi adware, yuk kenali dulu ciri smartphone yang terkena Adware.

cara mengatasi virus adware di android tanpa root

Ciri-ciri Smartphone yang Terinfeksi virus Adware

  • Laman Welcome yang Menghilang
  • Ketika kamu baru membeli smartphone, umumnya saat pertama kali mengoperasikan smartphone akan muncul laman “Welcome” yang disusul dengan permintaan registrasi akun Google.

    Pada smartphone yang sudah disusupi sejak awal, maka laman pembuka ini biasanya hilang. Saat kamu pertama kali mengoperasikan smartphone, kamu langsung bisa mengakses “Home” tanpa perlu melakukan registrasi akun Google terlebih dahulu.

    Jika hal ini terjadi, lebih baik langsung saja lakukan “Factory Reset” yang caranya akan dijelaskan pada poin selanjutnya.

  • Terjadi Upload, Download, atau Update pada App Misterius
  • Ciri satu ini merupakan gejala umum dari smartphone yang terkena virus seperti Malware dan juga Adware. Terkadang kamu akan melihat pada layar navigasi bahwa sedang terjadi download, upload, dan update. Selalu buka detail dari aktivitas tersebut untuk melihat apliksi apa saja yang sedang diproses.

    Jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi mencurigakan dan kamu merasa tidak pernah memasangnya, lebih baik segera stop dan batalkan proses yang sedang berlangsung.

  • Muncul Pop-up Iklan hingga Aplikasi secara Tiba-Tiba
  • Gejala paling umum dari smartphone yang terkena Adware adalah munculnya iklan-iklan pop-up ketika sedang melakukan browsing. Pada tingkat yang lebih buruk, iklan pop-up ini bahkan bisa muncul pada layar utama saat kamu sedang asik-asiknya menggunakan smartphone.

    Bahkan, pada tingkat dan jenis Adware tertentu, smartphone bisa mendownload dan memasang aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan smartphone dengan sendirinya.

  • Smartphone Lemot hingga Kuota yang Cepat Habis
  • Dampak negatif lainnya dari smartphone yang terinfeksi Adware adalah baterai smartphone yang lebih cepat habis karena menjalankan aplikasi Adware dan juga iklan-iklan pop-up.

    Dengan terus berjalannya aplikasi Adware dan juga iklan pop-up, terang saja smartphone kamu akan terasa lebih lemot dan kuota internet jadi ikut terkuras.

    Jadi, jika smartphone kamu mengalami gejala-gejala seperti sering lemot hingga baterai yang mudah terkuras, mungkin saja smartphone kamu sudah tersusupi Adware.

    Cara Mengatasi Adware pada Smartphone

  • Factory Reset
  • Cara mengatasi Adware dan berbagai virus lainnya yang ada di smartphone yang paling mudah adalah dengan melakukan “Factory Reset”. Banyak juga yang menyebut “Factory Reset” dengan istilah “install ulang” ataupun “format ulang” pada smartphone. Apapun istilahnya, hal ini akan membantu kamu menghapus semua aplikasi dan data-data yang ada di smartphone dan membuatnya serasa seperti baru kembali.

    Oleh karena itu, sebelum melakukan “Factory Reset” pastikan kamu sudah memindahkan semua foto, musik, dan data-data pribadi kamu ke perangkat lain (memori eksternal) atau ke cloud storage, seperti Google Drive atau Dropbox agar data-data tersebut tidak ikut terhapus.

    Cara melakukan “Factory Reset” sangatlah mudah
    Umumnya kamu cukup membuka pengaturan (setting), lalu ke bagian privasi dan pilih factory data reset. Cara lain yang kamu bisa lakukan adalah dengan menekan tombol volume dan power secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah melakukan hal itu, kamu akan masuk ke recovery mode dimana kamu akan menemukan pilihan factory reset!

  • Ad-Block
  • Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghindari iklan pop-up yang muncul akibat Adware adalah dengan cara meng-install Ad-Block yang akan membantu kamu mem-blok semua iklan-iklan yang menganggu tersebut!

    Salah satu Ad-Block yang bisa kamu coba adalah AdBlock Browser yang tersedia di Google Playstore dan bisa digunakan tanpa perlu melakukan “Factory Reset” terlebih dahulu. Pilihan lainnya adalah aplikasi NoCromo, sayangnya aplikasi yang satu ini tidak tersedia secara resmi di Google Playstore.

    Apapun pilihanmu, aplikasi-aplikasi ini akan membantu smartphone kamu menghadang masuknya iklan-iklan pop-up yang menganggu itu. Namun, apabila ruang penyimpanan aplikasi sudah terasa penuh untuk menginstal aplikasi ini, ada baiknya kamu melakukan “Factory Reset” sebelum meng-install aplikasi ini

  • Pencegahan dengan Anti-Virus
  • Meski awalnya smartphone kamu tidak terinfeksi Adware, namun jika kamu memiliki kebiasaan ber-internet yang tidak aman, seperti mengunduh aplikasi tidak resmi hingga mengakses situs-situs yang tidak terjamin keamanannya, maka bisa ada kemungkinan smartphone disusupi virus-virus, termasuk juga Adware!

    Jadi, untuk pencegahan ada baiknya kamu selalu menggunakan anti-virus pada smartphone kamu. Atau jika perlu, gunakan anti-virus khusus untuk Adware, seperti aplikasi Anti-Adware yang bisa kamu dapatkan dari Google Playstore.

    Nah, kini kamu sudah lebih memahami apa dan bagaimana cara mengatasi Adware bukan? Jangan mau smartphone kamu disusupi Adware oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan segera atasi dengan berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas!

    Belum ada Komentar untuk "Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Adware pada Smartphone Android"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel